Posted in Elektronika, Mikrokontroler

Mengenai Mikrokontroller AT89S51

mikrokontroler adalah suatu komponen pengontrol atau pengendali yang berukuran kecil (mikro).
Di dalam chip mikrokontroler telah dilengkapi dengan CPU (mikroprosesor), memori dan perangkat peripheral lainnya, sehingga mikrokontroler juga sering disebut dengan mikrokomputer chip tunggal. Dalam pembuatan alat pendeteksi ketinggian air penulis menggunakan mikrokontroler AT89S51.
AT89S51 yang merupakan keluarga MCS 51 termasuk salah satu jenis mikrokontroler buatan Atmel yang paling banyak digunakan dalam sistem pengendalian dan instrumentasi. AT89S51 mempunyai beberapa fasilitas antara lain:
1. Kompatibel dengan MCS-51.
2. 4 Kbyte memory yang dapat ditulis hingga 1000 kali.
3. Kecepatan clock 0 Hz – 33 Mhz.
4. 128 byte memory RAM internal.
5. 32 jalur input-output (4buah port parallel I/O).
6. 6 interrupt (2 timer, 2 counter, 1 serial, 1 reset).
7. ISP (In System Progammable) Flash memory.
8. Port serial full-duplex.

A. Konfigurasi dan Fungsi Pin AT89S51
Mikrokontroler AT89S51 memiliki pin berjumlah 40 pin dan umumnya dikemas dalam DIP (Dual Inline Package), 32 kaki diantaranya adalah kaki untuk keperluan port paralel. Satu port paralel terdiri dari 8 kaki, dengan demikian 32 kaki tersebut membentuk 4 buah port paralel, yang masing-masing dikenal sebagai Port 0, Port 1, Port 2, dan Port 3. Untuk jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Fungsi masing-masing pin pada mikrokontroler AT89S51 menurut Tim Lab. Mikroprosesor (2007:3) adalah sebagai berikut :
1. Port 1 (Pin 1-8)
Port 1 merupakan salah satu port yang berfungsi sebagai general purpose I/O dengan lebar 8 bit. Penyangga keluaran Port 1 mampu memberikan atau menyerap arus empat masukkan TTL (sekitar 1,6 mA). Jika “I” dituliskan ke kaki-kaki Port 1, maka masing-masing kaki akan di pulled high dengan pull-up internal sehingga dapat digunakan sebagai masukkan. Sebagai masukkan, jika kaki-kaki Port 1 dihubungkan ke ground (di pulled low), maka masing-masing kaki akan memberikan arus karena dipulled high secara internal. Pada port ini terdapat pin MISO, MOSI dan SCK yang menerima alamat bagian rendah (low byte) selama pemrograman dan verifikasi flash.
2. RESET (Pin 9)
Merupakan pin reset yang digunakan untuk mereset Program Counter, dan jika RESET bernilai high, maka nilai interval register menjadi alamat 0000H.
3. Port 3 (Pin 10-17)
Merupakan port yagn terdiri dari 8 bit masukan dan keluaran dua arah yang dapat menyerap atau memberikan arus sebesar 4 input. Apabila akan digunakan sebagai input maka port 3 harus dikirim logika 1. Port 3 juga dapat difungsikan sebagai fungsi alternatif seperti berikut :

Port 3 juga menerima masukkan beberapa sinyal kendali pada saat pemrograman atau verifikasi memori flash.
4. XTAL 1 (Pin 19)
Merupakan input ke penguat inverting osilator dan masukan rangkaian clock internal.
5. XTAL 2 (Pin 18)
Merupakan keluaran dari penguat inverting osilator.
6. Pin 20 (GND)
Hubungan ke catu daya 0 atau ground.
7. Port 2 (Pin 21-28)
Merupakan port I/O dengan lebar 8bit, dan dua arah dengan dilengkapi pull-up internal. Penyangga keluaran Port 2 mampu memberikan atau menyerap arus empat masukkan TTL (sekitar 1,6 mA). Jika “ I” dituliskan ke kaki-kaki Port 2 , maka masing-masing kaki akan di pulled high dengan pull up internal sehingga dapat digunakan sebagai masukkan. Sebagai masukkan, jika kaki-kaki Port 2 dihubungkan ke ground (di pulled low), maka masing-masing kaki akan memberikan arus karena di pulled high secara internal. Port 2 akan memberikan byte alamat bagian tinggi (high byte) selama pengambilan instruksi dari memori program eksternal dan selama pengaksesan memori data eksternal yang mengghunakan perintah dengan alamat 16bit (misalnya : MOVX @DPTR). Dalam aplikasi ini, jika ingin mengirimkan “I”, maka digunakan pullup internal yang sudah disediakan. Selama pengaksesan memori data eksternal yang menggunakan perintah dengan alamat 8-bit (misalnya: MOVX @R1), Port 2 akan mengirimkan isi dari SFR P2. Port 2 juga menerima alamat bagian tinggi selama pemrograman dan verifikasi flash.
8. PSEN (Pin 29)
Program Store Enable (PSEN) merupakan pin keluaran pulsa strobe untuk memori program eksernal. Pada saat AT89S51 menjalankan perintah dari memori program eksternal, PSEN akan diaktifkan dua kali setiap periode mesin kecuali untuk berhubungan dengan memori data eksternal maka akan dilewati.
9. ALE/PROG (Pin 30)
Address Latch Enable (ALE) merupakan pulsa keluaran untuk mengunci addres byte rendah selama berhubungan dengan memori eksternal. Pada pemakaian normal ALE mengeluarkan pulsa sebesar 1/6 dari frekuensi osilator dan dapat digunakan sebagai sinyal clock atau timing perangkat luar. Pin ALE juga digunakan untuk memberikan pulsa program selama proses pemrograman memori flash.
10. EA/ Vpp (Pin 31)
Eksternal Access (EA) bertugas untuk menjalankan program dari memori luar (eksternal) lokasi 0000H hingga FFFFH maka harus dihubungkan ke Ground, sebaliknya agar program yang dijalankan berasal dari dalam (internal) maka EA harus dihubungkan dengan Vpp. Untuk fungsi pemrograman, EA dihubungkan dengan Vpp umumnya sebesar +12 V.
11. Port 0 (Pin 32-39)
Port 0 merupakan port keluaran atau masukkan (I/O) bertipe open drain bidirectional. Sebagai port keluaran, masing-masing kaki dapat menyerap arus delapan masukkan TTL (sekitar 3,8 mA) . Pada saat “ I “ dituliskan ke kaki-kaki Port ini, maka kaki-kaki Port 0 dapat digunakan sebagai masukkan-masukkan berimpedansi tinggi. Port 0 juga dapat dikonfigurasikan sebagai bus alamat/data bagian rendah (low byte) selama proses pengaksesan memori data dan program eksternal. Jika digunakan dalam mode ini Port 0 memiliki pull-up internal. Port 0 juga menerima kode-kode yang dikirimkan kepadanya selama proses pemrograman dan mengeluarkan kode-kode selama proses verifikasi program yang telah tersimpan dalam flash. Dalam hal ini dibutuhkan pull-up eksternal selama proses verifikasi program.

12.       Pin 40 (VCC)

Merupakan pin catu daya positif untuk mikrokontroler sebesar +5V.

Penulis:

Nama saya Angga Permana Aripin, lahir di bogor pada tanggal 08 november 1988, alhamdulliah lahir dengan selamat di sertai hujan saat musim kemarau... Saya sangat suka mengoprek-oprek barang elektronik, bermain game dan membuat program... Tujuan hidup saya ingin membahagiakan orangtua saya sampai dia bahagia dan bangga... blogs ini saya buat untuk teman-teman yang membutuhkan data-data seputar elektronik dan komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s