Posted in Bahasa Assembler, Bahasa Pemrograman, Mikrokontroler

Operasi Bit dengan MCS51

Pada umumnya mikrokontroller mengolah data 8 bit sekali gus, misalnya mengisi akumulator dengan data 8 bit sekali gus, isi akumulator yang 8 bit dijumlahkan dengan isi memori yang 8 bit dan lain sebagainya. MCS51 dilengkapi kemampuan mengolah data per bit, untuk keperluan ini bit Carry dalam PSW diperlakukan sebagai ‘akumulator bit’, dan dilengkapi dengan beberapa instruksi khusus untuk operasi Boolean.
Objek operasi Bit
Seperti sudah dibahas dibagian depan, memori-data nomor $20 sampai $2F bisa dipakai menampung informasi dalam level bit. Setiap byte memori di daerah ini bisa menampung 8 bit informasi yang masing-masing dinomori tersendiri, misalkan bit 0 dari memori-data nomor $20 bisa disebut sebagai bit nomor 0, bit 1 memori-data nomor $20 disebut sebagai bit nomor 1… seterusnya bit 0 dari memori-data nomor $21 disebut sebagai bit nomor 8, bit 7 memori-data nomor $21 disebut sebagai bit nomor 15 dan seterusnya.

selanjutnya                                 download pdf    images

Penulis:

Nama saya Angga Permana Aripin, lahir di bogor pada tanggal 08 november 1988, alhamdulliah lahir dengan selamat di sertai hujan saat musim kemarau... Saya sangat suka mengoprek-oprek barang elektronik, bermain game dan membuat program... Tujuan hidup saya ingin membahagiakan orangtua saya sampai dia bahagia dan bangga... blogs ini saya buat untuk teman-teman yang membutuhkan data-data seputar elektronik dan komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s