Posted in AS Roma, My Favorite

Sejarah AS Roma

Berdiri: 1927

Alamat: Via Trigoria Km 3,600 – 00128 Italy

Telpon: +39 06-501911

Ketua: Rosella Sensi

Direktur: Daniele Pradè

Stadion: Stadio Olimpico

Sejarah

Gabungan Tiga Klub Tertua Ibukota

Sebuah klub bentukan tokoh fasis Benito Mussolini itu memiliki ambisi besar yang hingga saat ini masih berkuang mewujudkannya.

Profil
Nama: Associazione Sportiva Roma SpA
Julukan: Il Giallorossi (Kuning Merah), La Magica (Magis), Il Lupi (Si Srigala)
Berdiri: 22 Juli 1927 (Oleh Italo Foschi)
Stadion: Stadio Olimpico Roma, Italia (Kapasitas 82,700)
Presiden: Rosella Sensi

Associazione Sportiva Roma didirikan pada tahun 1927 oleh Italo Foschi.
Klub ini merupakan hasil merger tiga klub Roma yang telah berdiri sebelumnya, yaitu Roman, Alba-Audace dan Fortitudo. Merger tiga klub tersebut merupakan inisiatif diktator fasis terkenal Italia, Benito Mussolini. Tujuannya adalah membentuk klub yang kuat dari ibukota yang bisa mengakhiri dominasi klub-klub utara Italia saat itu.
Di tahun pertamanya sebagai klub profesional, AS ROMA menjadikan Motovelodromo Appio sebagai stadion kandang mereka sebelum pindah di Campo Testaccio yang mulai dibuka pada November 1929. AS ROMA juga identik dengan warna merah marun dan kuning keemasan, yang mewakili warna tradisional dari kota itu sendiri. Warna itu sendiri diambil dari salah satu dari tiga klub merger, yaitu Roman Football Club. Sebuah awal musim dimana Roma membuat nilai besar adalah kejuaraan 1930-31, klub keluar sebagai runner up di belakang Juventus. Kapten Attilio Ferrari bersama Guido Masetti, Fulvio Bernardini dan Rodolfo Volk adalah pemain yang sangat penting selama periode ini. Nomor punggung #6 di ROMA resmi dipensiunkan, yang merupakan bentuk penghormatan bagi Aldair, bek asal Brasil yang membela ROMA sepanjang 13 musim, dari 1990 hingga 2003. Rosella Sensi memegang kendali ROMA di tahun 2008 karena presiden sebelumnya, Franco Sensi, yang juga merupakan ayahnya, meninggal dunia. Francesco Totti memegang banyak rekor ROMA, mulai dari penampilan terbanyak di berbagai kompetisi, juga rekor penampilan terbanyak di Serie A dan pencetak gol terbanyak untuk ROMA. Logo ROMA yang berbentuk srigala adalah ilustrasi dari mitos Romulus dan Remus, yang merupakan cerita terbentuknya kota ROMA. Lagu kebesaran ROMA yang juga sekaligus motto klub adalah La Roma non si discute, si ama, yang dinyanyikan oleh penyanyi Antonello Venditti. Arti kasarnya dari ungkapan tersebut adalah ROMA tidak untuk dipertanyakan, tetapi untuk dicintai. Lagu ini dinyanyikan tiap ROMA memetik kemenangan kandang setelah pertandingan selesai.

Penulis:

Nama saya Angga Permana Aripin, lahir di bogor pada tanggal 08 november 1988, alhamdulliah lahir dengan selamat di sertai hujan saat musim kemarau... Saya sangat suka mengoprek-oprek barang elektronik, bermain game dan membuat program... Tujuan hidup saya ingin membahagiakan orangtua saya sampai dia bahagia dan bangga... blogs ini saya buat untuk teman-teman yang membutuhkan data-data seputar elektronik dan komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s